Minggu, 13 November 2011

Celoteh Jagoanku - 3

Senin, 14/11/11, 09.40
Good Morning all....

Pagi yang cerah cenderung panas dimulai dengan Abim yang tiba - tiba berdiri diujung tidurnya sambil nangis + separuh teriak:

"Mama ayok...."
"Kemana Mas?"
"Ke Palembang..."

xixixi, sontak aku tersenyum kecil mendengar kata - katanya yang entah diucapkan setara sadar atau ngelindur. Perlahan kubimbing lagi Abim ke tempat tidur,

"Abim mau ke palembang?", tanyaku
"Iya..." dijawab sambil merem
"Nanti ya sayang, kan mama harus beli tiket dulu, klo tiketnya udah ada, baru kita ke Palembang, ya nak?", no respon, oalahhhhhh siganteng turu maning or bobo lagi, baiklah....

Setelah permintaan yang belum bisa dipastikan mimpi atau nggak, Abim bangun, lagi... Langsung maen sama Ibam dan Papa. Sadar klo hari sudah siang, si papa pun langsung ke kamar mandi, Abim yang belum puas maen langsung nyari:

"papa mana ma?"
"mandi sayang", Abim diem aja sambil liatin pintu kamar mandi, and then.....
"mama, aku mau ee*", mulai deh, alasan yang dicari2 buat ngerusuhin papa...
"iya, tunggu sebentar ya sayang, bentar lagi papa selesai"
"aku tunggu disini aja ya ma..." berdiri sambil mandangin pintu kamar mandi.... ampun deh. Dan setelah papa selesai mandi,


"Abim jadi ee*?" tanyaku
"nggak" ARRRRgghhhhhhh.................

Acara selanjutnya adalah, nganter papa berangkat kerja. Sejak Abim kecil, aku selalu membiasakan Abim untuk melepas papa - mamanya yang mau kerja (sekian bulan yang lalu mama masih kerja, sekarang masih berusaha untuk find another job, aamiin), nggak pake acara ngumpet - ngumpet, dan hebatnya, sejak kecil Abim gak pernah nangis klo papa - mama berangkat kerja, Abim justru nangis klo Mak Nje (pengasuh Abim) harus pulang setelah seharian nemenin Abim main T_T. Dari kebiasaan kecil itu ada banyak hal yang Abim pelajari. Seperti cium tangan papa - mama dan mengucapkan salam. Kebiasaan cium tangan juga selalu Abim lakukan klo Mak Nje mau pulang, klo ketemu kakek - nenek, eyang, kakung - nenek, para om dan tante. Alhamdulillah, hal yang tidak sulit untuk diajarkan dan menjadi kebiasaan.

Sewaktu Abim masih kecil dan belum bisa bicara, Abim cuma diem klo aku mau berangkat kerja dan berpesan:
"Abim yang pinter ya nak, makannya yang pinter, baik - baik dirumah ya", ketika Abim sudah bisa bilang "iya", bisa dipastikan Abim langsung menjawab "iya ma". 

Hari - ke hari, Abim makin pinter, kosa – katanya juga makin bertambah. Wejangan – wejangn yang aku sampaikan tiap akan berangkat kerja, tak hanya dijawab dengan kata – kata “iya”, tapi dijawab dengan kalimat – kalimat panjang dan ajaib. Komitmen awalku untuk selalu berusaha untuk tidak menggunakan kata “jangan” dan “tidak”, juga mulai aku langgar, seiring dengan makin banyaknya pertanyaan yang Abim lontarkan setiap aku akan berangkat kerja. Padahal, psikolog anak berpesan untuk tidak menggunakan kata “jangan” dan “tidak “ dan kata – kata negative lainnya demi perkembangan mental anak, tapi apa daya, ku langgar juga…hehehe.
 
Seiring waktu, pesan yang tadinya hanya sebaris, berubah jadi berbaris – baris, dan dijawab oleh Abim juga dengan kalimat berbaris – baris. Klo dulu kalimat "Abim yang pinter ya nak, makannya yang pinter, baik - baik dirumah ya" selalu dijawab dengan iya, ketika Abim besar, jawabannya menjadi: “iya, mama papa ati-ati ya, Assalamualaikum”
 
Sekarang, ketika personil dirumah sudah tambah satu, Ibam, wejangan papa bertambah:“Mas Abim yang pinter ya, Adek nya diajak main, jangan dinakalin”Dan Abim akan menjawab “iya pa”
 
Dan keajaiban yang terjadi pagi tadi akibat dari kebiasaan adalah:
 
“papa berangkat dulu ya, mas Abim yang pinter” 
Abim cuma diem seperting menunggu sesuatu, lalu:
“Papa, papa belum bilang: Abim jangan nakalin adek ya” 

wkwkwkwkwk…. Abim…Abim…..

Note: so, hal-hal kecil yang biasa kita lakukan memang lebih cepat diserap dan ditiru ketimbang hanya kita perintahkan untuk dilakukan tapi tanpa contoh….

6 komentar:

  1. wahahahaha
    mas abim gemes d ...
    ya sya sbagai tantenya pun sring kaget kl dnger kalimat" mas abim ... tp msh ssh biasain pnggl tante Lola ... tp lucu sih ... hehehe

    mas abim : " hallo, Lola lg dimana"
    Lola : " Lg dikntr, mas abim lg ap ?! "
    mas abim : " Lg dirmh "

    *kt mamany sh mas abim smbl senyum" ... huhuhu

    inget 1 hal lg dy pnggl pcrku dl Ne'nez pdhl nmny om Ernest ...
    suwtu hr mas abim lg di Palembang, smbl nungguin sya siap" prgi ngantor ...

    mas abim : " ne'nez g' jmput2 Lola lg ya "
    Lola : *smbl bengong trs senyum smbl mikir ,,, astaga nh ank kek org dewasa aj ... " iya mas ne'nez g' jmput sm anter lola lg "
    mas abim : " ohhhh "

    huhuhuhuhu pinter bnget nh anakkkkk ... ampuuunnnnnnnnn jd kangennnnnnnnn ......

    BalasHapus
  2. xixixi, kangen y yoya? ini lagi dibujuk yoya, katonyo nak ke palembang

    BalasHapus
  3. iyo nian,,kadang sdh komit utk tidak menggunakan kata "jangan n tidak" tp galak dak sadar keluar dewek kato2 "jangan...idak bolehhh"...haduhhh..tak mudah ternyata melakoni penran jd ortu hehe ^_^

    BalasHapus
  4. bener te, apolagi Abim kadang nanyo "boleh gak ma?" klo pas dak boleh, tepakso dijawab "gak boleh"

    BalasHapus
  5. Like this mam, hiburan di tengah kemacetan jembatan ampera...buka netbook baca ini blog hehhe..

    "Nak jadi jagoan pinter yah, biar besar jadi kebanggaan mama,papa, keluarga dan pasti kebanggaan aunty. Kecupss kangen"

    Inget waktu abim ketemu om Jimmy padahal cuma sekali, eh pas ketemu lagi.

    "Aunty, om Jimmy mana?"

    eh harusnya panggil Uncle yaah heheh

    *mewek*

    BalasHapus
  6. aamiin aunty,
    permintaan diterima, mulai hari ini panggilnya uncle ya.... jangan mewek aunty, ntar sea games nya ketunda gara2 banjir airmata ... xixixi

    BalasHapus